Khasiat Luar Biasa Kayu Liwung – Kayu selalu memiliki kegunaan yang berbeda- beda tergantung dari jenis dan karakteristiknya masing- masing. Kayu sendiri dalam ilmu kedokteran memiliki kandungan obat- obatan yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit.

Antara kayu satu dengan yang lainnya mempunyai manfaat yang berbeda dan beragam. Semua tergantung pada kandungan zat yang berada dalam kayu tersebut.

Diantara jenis kayu- kayuan maka dapat diklasifikasikan, dan klasifikasi yang tertinggi jika dilihat dari manfaat yang bisa diambil maka bambu adalah jenis kayu yang paling banyak manfaat gaibnya.

Bambu merupakan rumpun yang banyak tumbuh secara liar dan jenis- jenis bambu tertentu memiliki tuah yang bisa dimanfaatkan. Benarkah bambu memiliki keuatan gaib?

Bambu banyak tumbuh di Indonesia mempunyai jenis yang beraneka ragam. Jenis- jenis bambu yang ada mempunyai karakteristik yang berbeda dan manfaat yang berbeda pula.

Misalkan bambu gading bisa sebagai hiasan taman dan mempunyai tauh untuk menghilangkan daya nengatif dalam pekarangan rumah. Berbeda dengan bambu ori yang mempunyai akar yang kuat dan biasa sebagai penguat tanah disekitar sungai yang rentan dengan bahaya erosi. Sedangkan tuah yang berasal dari bambu ini hampir tidak ada sama sekali. Bambu jenis ini dipakai hanya sebagai pagar tanah agar tidak ikut aliran sungai dan bahan baku kerangka atap rumah.

Bambu yang memiliki kekuatan gaib adalah bambu yang memiliki bentuk alami yang khusus dan unuk. Semua jenis bambu bisa saja terdapat keanehan atau kekhususan. Bambu menjadi benda gaib bila ada kekuatan alam atau jin yang menghuni sekitar rumpun atau berada dalam bambu tersebut.

Kayu Liwung

Kayu liwung terbagi dalam jenis yang  bermacam- macam. Jenis yang paling banyak terdapat di Pulau Jawa adalah jenisnya berkulit kelabu. Ciri- ciri dasar yanga da pada pohon ini adalah sepanjang kulitnya terdpat duri yang mengarah kebawah, pada kayu ini terdapat serta yang berbentuk bulat- bulat sepanjang batang yang terdapat pada kayu ini.

Kayu ini dipercaya oleh masyarakat Jawa dijaga oleh beberapa makhluk halus yang mendiami  pohon tersebut. Jadi jarang bisa ditemukan meskipun sudah berada di sekitar pohon. Warna dari serat kayu ini adalah coklat tua dan terasnya berwarna hitam. Bentuknya menyamai serat pada pohon aren. Tetapi jika diamati maka seratnyja akan terlihat lebih kasar.

KAYU LIWUNG MEMPUNYAI TUAH KESELAMATAN LAHIR BATIN, KEMULIAAN, SANGAT BAHAYA BILA DIGUNAKAN OLEH ORANG YANG GAMPANG NAIK DARAH KARENA MENJADIKAN KEBERANIAN TINGKAT TINGGI JAMAN DAHULU BANYAK DIGUNAKAN SEBAGAI ALAT UNTUK BERPERANG.

Kayu liwung tergolong kayu yang keras, sulit didapat dan dikembangbiakkan. Kayu liwung terdapat disekitar Gunung Lawu, tetapi terdapat juga di daerah lainnya. Sebagian masyarakat menilai kayu liwung adalah kayu aren yang tidak berbunga (jantan). Tetapi jika kayu ini adalah kayu aren, maka seharusnya tidak terdapat duri di sepanjang batangnya. Sedangkan kayu aren tidak memiliki duri, hanya pada pelepahnya saja yang terdapat pada kayu ini tidak seperti pada kayu aren, dan sepanjang batangnya terdapat cabang yang banyak.

Kayu liwung dipercaya memiliki kekuatan gaib yang bermanfaat bagi yang membawanya. Masyarakat Jawa pada umumnya memiliki kepercayaan jika membawa kayu ini maka akan membawa tuah kekebalan terhadap senjata tajam maupun tumpul. Biasanya kayu ini dipakai untuk tujuan membuat keributan, tetapi juga bisa untuk tujuan berjaga- jaga.

Namun kekuatan yang terdapat dalam kayu ini termasuk kasar dan jika dibawa, maka akan membawakan sifat pemarah.

 62 total views,  5 views today

Share ke sahabat Anda yang membutuhkan